Dalam rangka
mengoptimalkan pengelolaan dana bergulir, Kementerian Koperasi dan UKM
membentuk Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha
Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang bertugas
melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan KUMKM antara lain
berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan
KUMKM, dimana ketentuan mengenai kriteria KUMKM di tetapkan oleh LPDB-KUMKM. Sebelum
dibentuknya LPDB-KUMKM, pengelolaan Dana Bergulir untuk Koperasi dan UMKM
dilaksanakan oleh Deputi-deputi lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM.
Pada tahun ini Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi
dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) membutuhkan 10 orang pegawai
BLU dengan status Non PNS yang akan direkrut dari Putera dan Puteri terbaik
Indonesia yang memiliki idealisme, jujur dan berdedikasi tinggi untuk duduk
dalam beberapa posisi dengan kriteria sebagai berikut :
A. KRITERIA UMUM
- Pendidikan Minimal S1
- Berpengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun;
- Memiliki integritas, jujur dan dedikasi tinggi;
- Diutamakan mampu berbahasa Inggris (lisan/tulisan);
- Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi komputer minimal MS Windows;
- Inovatif dan kreatif;
- Usia maksimal 30 tahun;
- IPK minimal 2,50 untuk Perguruan Tinggi Negeri dan 2,75 untuk Perguruan Tinggi Swasta (Skala 4.00).
B. KRITERIA KHUSUS
Staf
Bisnis
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau teknik;
- Memahami konsep dan mekanisme dalam penyaluran dana kredit serta pinjaman/pembiayaan; dan Mampu bekerja dalam tim maupun bekerja dengan target individual.
Staf
Manajemen Risiko
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya;
- Memiliki pemahaman mengenai aspek-aspek keuangan konvensional dan aspek-aspek keuangan syariah.
Staf
Monitoring dan Evaluasi
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi atau teknik;
- Memiliki kemampuan dalam menyusun dan mengambil tindakan yang berkaitan dengan pengawasan, monitoring dan evaluasi.
- Memahami konsep Risk Management dan penerapannya;
- Memiliki kemampuan dalam analisis data;
Staf
Akuntansi dan Pelaporan
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang ekonomi;
- Memiliki kemampuan dalam perencanaan keuangan;
- Memiliki pemahaman yang baik terkait ketentuan pajak (diutamakan bersertifikat Brevet A dan B).
Staf
Hukum
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan dibidang hukum; dan
- Memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menganalisa suatu persoalan/kasus hukum.
Staf
Teknologi dan Sistem Informasi
- Diutamakan memiliki latar belakang pendidikan di bidang Komputer
- Memahami konsep pengembangan aplikasi sistem informasi / konsep portokol TCP/IP;
- Memahami bahasa pemrograman / Memahami pengelolaan Server berbasiskan OS Linux;
- Dapat memahami bisnis proses dengan baik / Mengerti konsep Firewall;
- Memahami konsep database.
Lamaran dilakukan dengan mengisi form lamaran yang
terdapat dalam laman resmi berikut ini :
http://lamaran.lpdb.id
• Pendaftaran
dibuka sampai dengan tanggal 15 Desember 2015